BPK SULBAR RAIH PENGHARGAAN LHP TERBAIK KEDUA KATEGORI PDTT

Jakarta (20/02) –  Sebagai upaya dalam meningkatkan mutu pelaporan hasil pemeriksaan BPK, Inspektorat Utama BPK menyelenggarakan kegiatan penilaian Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) terbaik satker dalam rangka pemberian penghargaan (reward) setiap tahunnya. Kegiatan penilaian LHP terbaik tersebut dilakukan untuk setiap jenis pemeriksaan BPK, antara lain Pemeriksaan Keuangan, Pemeriksaan Kinerja, dan Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu.

Berdasarkan hasil penilaian LHP terbaik satker pada tahun 2022, BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat berhasil memperoleh penghargaan LHP terbaik kedua untuk kategori Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu (PDTT). LHP yang mendapatkan penghargaan tersebut adalah Laporan Hasil Pemeriksaan Kepatuhan atas Pengelolaan Perlindungan Sosial Melalui BLT-DD TA 2020 s.d. Semester 1 2021 pada Pemerintah Kabupaten Mamasa.

Penghargaan LHP terbaik kedua tahun 2022 kategori PDTT tersebut diberikan langsung oleh Ketua BPK RI, Isma Yatun, kepada Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Barat, Hery Ridwan, dalam Acara Pemberian Penghargaan LHP Terbaik Tahun 2022 dan Sertifikat Penghargaan Predikat Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Inspektorat Utama BPK pada tanggal 20 Februari 2023 di Auditorium Badiklat PKN Jakarta.

Dalam acara pemberian penghargaan tersebut, Ketua BPK memberikan apresiasi kepada para satuan kerja dan tim pemeriksaan yang berhasil meraih penghargaan LHP terbaik. Kegiatan penilaian dan pemberian penghargaan LHP terbaik tersebut diharapkan dapat memberikan motivasi bagi seluruh tim pemeriksa untuk dapat merencanakan pemeriksaan, melaksanakan pemeriksaan, dan menghasilkan LHP yang berkualitas sesuai dengan SPKN. Dengan demikian, LHP BPK diharapkan dapat memenuhi harapan pemangku kepentingan serta dapat meningkatkan akuntabilitas dan kepercayaan masyarakat kepada BPK.

Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Barat, Hery Ridwan, merasa bersyukur atas penghargaan LHP terbaik yang berhasil diperoleh. Kepala Perwakilan BPK Sulbar juga menyampaikan apresiasi kepada tim pemeriksaan terkait yang telah melakukan pemeriksaan dengan baik sesuai dengan standar dan pedoman yang berlaku, sehingga berhasil menghasilkan laporan yang berkualitas.

“Saya berharap prestasi ini dapat menginspirasi seluruh pegawai BPK Sulbar, khususnya para pemeriksa, untuk bekerja lebih baik lagi, sesuai dengan standar dan pedoman yang berlaku” ucap Kepala Perwakilan BPK Sulbar atas prestasi yang diperoleh. “Prestasi ini juga diharapkan dapat menjadikan kinerja BPK Sulbar menjadi lebih baik ke depannya” pungkasnya.