UPACARA HUT KEMERDEKAAN RI KE 79

Mamuju, (08/17) Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI ke 79, Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan Sulawesi Barat (BPK Sulbar) menggelar upacara bendera di halaman kantor BPK Sulbar. Bertindak selaku Pembina Upacara yaitu Kepala Perwakilan (Kalan) BPK Sulbar  I Putu Wisudhantara, pada hari Sabtu, 17 Agustus 2024.

Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini mengusung tema “Nusantara Baru Indonesia Maju”, yang merefleksikan semangat bangsa Indonesia yang sedang bertransisi, bersinergi, dan berkolaborasi mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Pada kesempatan tersebut, I Putu Wisudhantara membacakan sambutan Ketua BPK RI Dr. Isma Yatun., CSFA., CFrA yang menjelaskan bahwa peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan ini kita maknai dengan kontribusi nyata melalui peningkatan kualitas dan manfaat hasil pemeriksaan untuk mencapai tujuan negara yang selaras juga dengan hasil telaah sejawat atau peer review untuk penguatan sistem pengendalian mutu BPK dalam rangka kontribusi nyata tersebut. Peer review yang telah dilakukan lima kali sejak tahun 2004 merupakan implementasi dari Pasal 33 UU No. 15 Tahun 2006 tentang BPK sekaligus elemen fundamental dalam proses bisnis pemeriksaan yang efektif dan profesional.

BPK telah memberikan serangkaian sumbangsih nyata melalui pelaksanaan mandatnya yang secara umum telah menunjukkan kualitas pertanggungjawaban keuangan yang baik.

Selain itu, BPK juga telah menyampaikan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester II tahun 2023 yang mengungkapkan temuan dan rekomendasi untuk perbaikan tata kelola keuangan negara, serta hasil pemantauan tindak lanjut hasil pemeriksaan dan penyelesaian kerugian negara pada tahun-tahun sebelumnya berupa pengembalian uang/penyerahan aset sebagai tindak lanjut keuangan negara senilai Rp136,88 triliun sejak tahun 2005 hingga tahun 2023.

Dalam capacity building, BPK juga telah dipercaya sebagai Ketua Organisasi BPK sedunia (INTOSAI) Tahun 2028-2031 serta menjadi Eksternal Auditor di berbagai lembaga internasional.

Rangkaian Upacara Hut kemerdekaan RI ke- 79 ditutup dengan pemotongan tumpeng oleh Kalan BPK Sulbar dan foto bersama dengan  Kepala Sekretariat, pejabat struktural dan pegawai lingkup BPK Perwakilan Sulbar .