Selamat Ulang Tahun Ke-75 BPK RI

Gowa, (25/01) Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) yang jatuh pada tanggal 1 Januari setiap tahunnya, BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat bersama Balai Diklat Pemeriksaan Keuangan Negara (PKN) Gowa BPK RI menyelenggarakan kegiatan Upacara Bendera di halaman utama Kantor Balai Diklat PKN Gowa. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari perayaan puncak HUT BPK RI ke- 75 dimana pada Sabtu, 22 Januari 2022 lalu telah dilakukan Family Gathering yang diikuti oleh seluruh pegawai pelaksana dilingkungan BPK secara Virtual.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara yaitu Kepala Sekretariat Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat Aminullah dan sebagai Komandan Upacara yaitu Kepala Satuan Pengamanan Balai Diklat PKN Gowa Sudarsono. Dalam sambutannya, Inspektur Upacara membacakan pidato Ketua BPK RI yang menyampaikan bahwa pada tahun 2021 BPK menerima lebih dari 30 penghargaan di tingkat nasional baik untuk satker pusat maupun daerah mulai dari popularitas di media, pengelolaan anggaran, aset dan SDM hingga penetapan wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi, bersih dan melayani. Hal tersebut memperlihatkan bahwa BPK telah benar-benar menunjukkan leading by example.

Untuk menjaga agar BPK terus menjadi contoh dalam penerapan tata kelola yang baik dengan menerapkan transparansi dan akuntabilitas sebagai pilar utama, berkinerja tinggi dan terus berinovasi, maka pelaksana BPK hendaknya selalu berpengang pada nilai-nilai dasar BPK, disiplin dalam melaksanakan penugasan, dan terus mengembangkan kompetensi secara berkesinambungan. Atas komitmen dan kerja keras untuk meningkatkan kapasitasnya, para pegawai pelaksana juga akan memperoleh reward berupa harmonisasi Tunjangan Kinerja dan Tunjangan Jabatan bagi Pejabat Tertentu (TPT) yang akan diterapkan mulai januari 2022.

Diakhir sambutannya, Inspektur Upacara mengajak seluruh insan BPK menjaga dan meningkatkan komitmen, kebersamaan dan kompetensi untuk terus mendorong pengelolaan keuangan negara yang berkualitas dan bermanfaat dalam rangka mewujudkan tujuan bernegara dengan semangat akuntabilitas untuk semua. “Mari dengan semangat akuntabilitas untuk semua, kita jaga dan tingkatkan komitmen, kebersamaan dan kompetensi untuk terus mendorong pengelolaan keuangan negara yang berkualitas dan bermanfaat dalam rangka mewujudkan tujuan bernegara” tutupnya.

Semarak puncak perayaan HUT ke-75 BPK RI diakhiri dengan kegiatan pemotongan tumpeng sebagai wujud syukur atas berbagai capaian di tahun 2021 yang dilakukan oleh Kepala Sekretariat Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat dan Kepala Balai Diklat PKN Gowa, Moch. Iwan Rivdijanto dimana potongan pertama diberikan kepada pegawai pelaksana termuda pada Satuan Kerja BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat Sdr. Dicky Febriano dan Sdri. Sifa Putianti sebagai pegawai pelaksana termuda pada Unit Kerja Balai Diklat PKN Gowa BPK RI. AS