Pasca Gempa, BPK Sulbar Pulihkan Aktivitas Perkantoran di Gowa

Mamuju, (15/01) Gempa Bumi mengguncang Kabupaten Mamuju Pada Hari Jumat tanggal 15 Januari 2021 sekitar Pukul 02:30 WITA dengan magnitudo 6,2. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat pusat gempa di wilayah Kabupaten Majene dengan kedalaman 10 kilometer dan dirasakan hingga wilayah Kabupaten Mamuju, Mamuju Tengah, Pasangkayu, Polewali Mandar, Mamasa, Pinrang, Pare-pare, Makassar, dan Gowa. Gempa tersebut mengakibatkan padamnya jaringan listrik, kerusakan bangunan-bangunan rumah dan/atau perkantoran, serta fasilitas umum lainnya seperti jalan dan jembatan. Guncangan gempa juga berdampak pada Gedung Kantor BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat yang mengalami kerusakan hingga Gedung tidak dapat digunakan untuk kegiatan perkantoran.

Sebelumnya gempa juga terjadi pada Kamis, 14 Januari 2021 Pukul 14:35 WITA dengan magnitudo 5,9 pada saat seluruh pegawai BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat melakukan kegiatan olah raga dan seni dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) BPK RI ke-74. Gempa mengakibatkan kepanikan pegawai yang saat itu tengah diadakan pertandingan tenis meja dan lomba karaoke di Ruang Auditorium Lantai II dan Auditorium Lantai III.

Atas bencana gempa bumi pada Jum’at dini hari tersebut, BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat mengambil langkah-langkah antara lain, 1) melakukan manajemen keselamatan seluruh pegawai, 2) penyediaan dan pendistribusian bantuan kepada pegawai, 3) pendataan dampak kerusakan gempa pada Kantor, Rumah Jabatan, Mess Pegawai, dan Rumah Tinggal Pegawai, 4) pengamanan aset kantor, dan 5) Pemulihan aktivitas perkantoran.

Untuk kegiatan perkantoran dan pemulihan trauma bagi pegawai, BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat sementara berkantor di Balai Diklat Pemeriksaan Keuangan Negara Gowa yang beralamat di jalan H. M. Yasin Limpo, Romangpolo, Kec. Somba Opu, Kab. Gowa. AS