Serah Terima Jabatan Kepala Perwakilan

(Makassar, 16/8) – Bertempat di Ruang Serbaguna Balai Diklat BPK di Makassar lantai IV diselenggarakan Serah Terima Jabatan Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Barat. Serah terima dilaksanakan dari pejabat lama, Drs. Sri Haryoso Suliyanto, M.Si. kepada Haedar, S.E., menyusul pelatikan Drs. Sri Haryoso Suliyanto, M.Si. dan Haedar, S.E., sebagai Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kalimantan Timur dan Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Barat pada 29 Juli 2011 di Kantor Pusat BPK RI di Jakarta. Serah terima ini disaksikan oleh Auditor Utama Keuangan Negara VI, Abdul Latief, S.E., M.M., Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Selatan, Ir. R. Cornell Syarief Prawiradiningrat., M.M., serta para pejabat struktural di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat dan Selatan.

Serah terima jabatan di lingkungan BPK merupakan bagian dari strategi pengembangan SDM BPK dalam menjaga nilai-nilai BPK yang mengedepankan integritas, independensi dan profesionalisme. Pergantian pimpinan juga merupakan implementasi dari pola karir di BPK, dan penyegaran bagi yang bersangkutan, serta dalam rangka memenuhi kebutuhan BPK dalam pencapaian visi dan misinya khususnya pencapaian kinerja pada Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat.

Pengabdian Drs. Sri Haryoso Suliyanto, M.Si. dalam mengawal kinerja BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat ini sangatlah berarti bagi pengembangan BPK. Makna lebih jauh dari hal ini adalah, kepemimpinannya selama kurang lebih tiga tahun telah memberikan kontribusi yang cukup signifikan dalam mewujudkan tata kelola keuangan daerah yang baik terutama di Sulawesi Barat.

Beberapa prestasi signifikan telah dicapai selama kurun waktu tersebut, antara lain adalah masalah perolehan opini, dimana pada pemeriksaan Tahun 2010 seluruh entitas yang memperoleh opini “Wajar Dengan Pengecualian”, meningkat dari pemeriksaan tahun 2009 dimana masih terdapat dua entitas dengan opini “Tidak Memberikan Pendapat”.

Kepala perwakilan yang baru, yaitu Haedar, S.E. sebelumnya menempati posisi sebagai Kepala Perwakilan BPK Provinsi Papua selama satu tahun setelah sebelumnya menjabat sebagai Kepala Sub Direktorat Perencanaan Strategis dan Manajemen Kinerja III selama dua setengah tahun. Oleh karena itu, Haedar, S.E. dinilai sebagai orang yang tepat mengemban amanah sebagai Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Barat.

Haedar, S.E. memiliki latar belakang pendidikan ekonomi diharapkan mampu memberikan kontribusi nyata dalam mengawal dan meningkatkan gerak langkah tidak hanya dalam pengembangan perekonomian, namun juga dalam hal peningkatan kualitas tata kelola keuangan yang baik di Sulawesi Barat. Dengan melalui mekanisme pemeriksaan yang dilaksanakan sesuai standar pemeriksaan keuangan negara, maka BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat diharapkan mampu memberikan hasil pemeriksaan yang bermutu dan rekomendasi yang konstruktif bagi peningkatan kinerja pemerintah daerah, transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah yang semakin baik, serta meminimalkan berbagai hal yang menjadi potensi penyalahgunaan keuangan daerah sesuai harapan masyarakat.